Febrika Setiyawan



« | »

Biaya Pendidikan Program Sarjana di IPB

IPB sangat menaruh perhatian dan selalu berupaya secara maksimal untuk memberikan pelayanan pendidikan terbaik dan adil kepada semua golongan sosial ekonomi lulusan SLTA seluruh propinsi di Indonesia yang berpotensi menimba ilmu di IPB. Kehadiran pola seleksi USMI dan biaya pendidikan mahasiswa baru tahun akademik 2010/2011 yang tercantum pada tabel di lampiran ini merupakan bagian dari kebijakan tersebut.

IPB sangat menghargai kepedulian berbagai pihak yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa IPB, termasuk bantuan biaya SPP untuk beberapa mahasiswa baru yang sangat memerlukan. Setiap tahun, tidak kurang dari 5 milyar rupiah beasiswa diberikan oleh berbagai pihak kepada mahasiswa IPB. Selain itu, IPB menetapkan biaya pendidikan dengan pola subsidi silang seperti tercantum pada tabel biaya pendidikan di bawah ini. Sepuluh persen pelamar terseleksi terbaik dari sekolah ’terakreditasi’ A oleh IPB dapat memperoleh keringanan Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas hingga 50 %.

Orang tua/wali siswa-pelamar harus melengkapi satu dari dua jenis Surat Pernyataan Biaya Pendidikan di IPB (Lampiran 2A ataukah 2B). Apabila siswa-pelamar diterima di IPB, maka fotokopi bukti pembayaran wajib dikirimkan secara kolektif oleh sekolah ke IPB sesuai dengan jadwal yang tercantum pada lampiran tersebut.

Informasi tentang sumber biaya pendidikan pada Lampiran tersebut di atas dimaksudkan sebagai masukan untuk terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi putra putri Anda ketika menjadi mahasiswa IPB dan sama sekali bukan bagian dari kriteria seleksi atau sumber data bagi pihak lain. Prioritas kebijakan operasional IPB dalam peningkatan kualitas dan penyelenggaraan pendidikan sangat dipengaruhi oleh keakuratan data tersebut.

Terima kasih atas kesediaan Anda meluangkan waktu untuk mengisi formulir Surat Pernyataan dengan lengkap, jujur, dan benar. Semoga harapan Anda dan putra/putri Anda menjadi kenyataan.
Biaya Pendidikan Program Sarjana di IPB T.A. 2010/2011 (semua bilangan x Rp. 1.000,-)

Keterangan:
a. Biaya registrasi menjadi mahasiswa baru IPB
Biaya Perlengkapan Mahasiswa Baru (BPMB) digunakan untuk Tes Potensi Akademik, Program Pembinaan Akademik dan Multi Budaya, Program Penyangga Kesehatan dan Penanggulangan Kecelakaan Mahasiswa, Kegiatan Alih Tahun, Buku Pengantar Ilmu Pertanian, Kartu Mahasiswa/ATM Bank, Jaket Almamater, dan Buku Panduan IPB.
Akses Layanan Internet (AI) bagi mahasiswa.
Pada tahun pertama di IPB dilaksanakan Program Pembinaan Akademik dan Multi Budaya, karena itu mahasiswa diwajibkan tinggal di asrama. Biaya Asrama meliputi biaya kamar sebesar Rp 1.200.000,- per tahun dan deposit asrama Rp 100.000,-. Biaya deposit akan dikembalikan setelah dikurangi biaya kerusakan fasilitas kamar asrama yang diakibatkan oleh mahasiswa yang bersangkutan.
Iuran Perhimpunan Orang tua Mahasiswa (POM) digunakan untuk beasiswa mahasiswa kurang mampu dan membantu pembiayaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler.
Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF) digunakan untuk membiayai program pemeliharaan infrastruktur dan fasilitas pendidikan.

b. Biaya SPP selama menjadi mahasiswa IPB
Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan (BPMP) digunakan untuk peningkatan pelayanan administrasi dan penjaminan mutu pendidikan.
Biaya Penyelenggaraan Mata Kuliah (BPMK) digunakan untuk terselenggaranya perkuliahan, praktikum, dan pembimbingan mahasiswa.
Tahun pertama sebesar Rp. 810.000.- untuk 36 satuan kredit semester (sks).
Tahun-tahun berikutnya sebesar Rp. 20.000.- s/d Rp. 50.000.- per sks. BPMK tergantung kepada jenis mata kuliah dan jumlah sks yang diambil. Setiap tahun, seorang mahasiswa mengambil mata kuliah sekitar 36 sks.
c. Biaya lainnya yang menjadi tanggungan mahasiswa
Biaya hidup bulanan (selain tempat tinggal) di Bogor sekitar 700 ribu rupiah.
Biaya alat tulis, buku pembelajaran, praktik umum lapangan, penelitian/penyelesaian tugas akhir, dan sejenisnya.
d. Keringanan Biaya Pendidikan Tahun Pertama bagi pelamar berprestasi terbaik
Keringanan Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF) hingga 50 % diberikan kepada maksimal sepuluh persen pelamar terseleksi yang terbaik dari sekolah ’terakreditasi’ A oleh IPB.
Keringanan biaya pendidikan tahun pertama (AI, Asrama, POM, BPMK, dan separuh dari BPMB) senilai Rp. 3.310.000,- (tiga juta tiga ratus sepuluh ribu rupiah) dapat diberikan IPB kepada mahasiswa baru dengan potensi akademik terbaik dan berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Orang tua/wali mahasiswa hanya wajib membayar separuh dari BPMB sebesar Rp. 350.000,- (tiga ratus lima ribu puluh rupiah) dan harus melengkapi formulir Lampiran 2B.

Posted by on 25 November 2009.

Categories: Informasi Tentang USMI

« | »




Tulisan Terakhir


Halaman



About Febrika Setiyawan

febrikasetiyawan febrikasetiyawanmore →

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin